ROKOK is TOLE’

By: Lamuni’
pembunuhKalau kita membuka-buka beberapa blog di internet dengan menggunakan kata kunci rokok, akan ditemukan banyak tulisan menjelaskan betapa berbahayanya rokok bagi kesehatan, baik sebagai perokok aktif (kelompok ini tidak mengenal waktu dan tempat), perokok tidak aktif (kadang merokok, kadang tidak merokok sesuai dengan waktu, tempat dan kondisi kantong), maupun perokok passif (Tidak menghisap batang rokok, tapi turut “menikmati “ asapnya dari orang yang merokok). Sebetulnya ada lagi satu kelompok perokok yang disebut perokok non aktif (kayak pejabat non aktif aja), kelompok ini merupakan orang-orang yang dulunya merokok tapi sudah berhenti merokok karena telah meninggalkan dunia yang fana ini.
Di dalam sebatang rokok, minimal terdapat tiga bahan aktif tersembunyi tetapi sangat berbahaya bagi kesehatan, yaitu nikotin, karbonmonoksida dan tar.
Nikotin merupakan salah satu unsur utama di dalam tembakau. Nikotin memiliki fungsi merangsang zat kimia di otak sehingga mengakibatkan kecanduan nikotin merangsang produksi kelenjar adrenalin menjadi lebih giat sehingga dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah.
Karbonmonoksida adalah suatu gas yang di hasilkan dari pembakaran yang tidak sempurna yang merupakan racun bagi tubuh bila terhisap dalam jumlah banyak.gas ini di dalam darah menggantikan ikatan oksigen dan hemoglobin dalam erythrosit (sel darah merah) sehingga darah akan kekurangan oksigen . Bila ini berlangsung dalam waktu yang lama dan dalam jumlah yang besar dapat mengakibatkan pingsan,jika terus-menerus terjadi dapat mengakibatkan kematian.
Tar merupakan bahan kimia yang memiliki sifat karnisogenmonkey-smoking3 yaitu siffat memicu munculnya kanker.Tar juga dapat memberhentikan fungsi dari pad sel sel epithel di dalam saluran tubuh bagian dalam dan trakhea sehingga sel-sel yang seharusnya berfungsi sebagai penyaring dan pengeluar zat yang berbahaya Bagi tubuh tidak dapat bekerja. Oleh karena itu perokok sangat rentan terkena infeksi saluran pernapasan . Akibat negatif lainnya yaitu menyebabkan gigi,jari,dan kuku perokok menjadi kuning kehitam-hitaman.
Selain itu, para peneliti menemukan kurang lebih 4000… (BACA BAIK-BAIK !!! EMPAT RIBU….BUKAN EMPAT RATUS TAPI…EMPAT RIBU) bahan beracun yang dapat menyebabkan kematian dan kerusakan saraf.
Mengapa orang merokok? Para anak muda dan orang-orang yang belum mengenal rokok nampaknya telah menjadikan rokok sebagai life style, Ajang pembuktian diri dan aktualisasi diri; BUKTIKAN MERAHMU, jantan ala MARLBORO man. itulah yang mereka ingin tunjukkan (Mungkin ini pula sebabnya sebahagian penyebab amukan sijago merah alias kebakaran berasal dari rokok). Karena itu; sebahagian besar perokok aktif adalah cowok atau pria atau laki-laki. Sebahagian perokok itu pun tahu persis betapa berbahayanya rokok bagi kesehatan dan paham bahwa bahaya tersebut BUKAN BASA-BASI, sudah banyak yang mati karena rokok, tetapi mereka toh punya prinsip ENJOY AJA. Itulah, mengapa para perokok tetap merokok walaupun dibungkus rokok itu sudah tercantum peringatan bahaya rokok bagi kesehatan. Para perokok tetap santai menikmati gulungan karbon, nikotin dan tar –nya, berikut empat ribu bahan beracun di dalamnya, karena mereka pikir…..rokok juga kan adalah hasil kreasi anak bangsa yang dibuat dari cengkeh dan tembakau piliihan.
LALU? Saya tidak bisa berkata apa apa lagi untuk anda yang merokok. Para ulama saja bingung menentukan sikap terhadap status kegiatan merokok anda; Halal? Haram? Atau Makruh. Saya bukan ulama dan bukan juga perokok. Mungkinkah sulitnya memutuskan fatwa rokok dikarenakan banyak juga ulama yang merokok? Kalau sudah demikian , ya…. ENJOY AJA bersama dengan kurang lebih 4003 racun yang anda isap. Yang saya tahu hanyalah ROKOK is TOLE’.

One response to this post.

  1. Hehehe…

    Mapappe’mi blog ta pak😀

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: