Mangngaru’

Mangngaru’ atau mengamuk (Indonesia) ternyata kini tidak lagi menjadi istilah bagi orang bugis yang kalap. Mengapa Mangngaru’? Bagi orang bugis, mangngaru’ tentu ada sebabnya. sama dengan kejadian di jakarta yang melibatkan ratusan warga yang mangngaru’, dengan mengejar polisi dan satpol-PP. Dahsyat….sungguh dahsyat… puluhan satpol PP, polisi dam warga terluka.
Mangngaru’ seperti telah disebutkan pasti ada sebabnya, dan penyebabnya adalah sesuatu yang tidak dapat lagi ditolerir, dan terjadilah peristiwa Mangngaru’.
Mangngaru juga dapat diartikan sebagai ekspresi diri (unjuk rasa). atau boleh juga sebagai kegiatan show of force, karena adanya ketidakpuasan.

Namun demikian, mangngaru’ bukanlah sesuatu yang disarankan. Dalam tradisi bugis, mangngaru’ memiliki makna yang terkait dengan siri. Secara tradisional, mangngaru dapat dijustiifikasi jika terkait dengan harga diri. Jadi Mangngaru sesungguhnya bukanlah kegiatan yang setiap saat dapat anda lakukan tanpa sebab yang jelas. Mangngaru hanya memungkinkan jika menyangkut harga diri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: